Tugas dan Skill yang Harus Dimiliki Seorang Programmer

Skill yang Harus Dimiliki Seorang Programmer

Programmer merupakan profesi yang sangat menjanjikan di era teknologi seperti saat ini. Seorang programmer memiliki tugas dan bertanggung jawab membuat suatu sistem dengan menggunakan bahasa pemrograman.

Proses yang dilakukan meliputi merancang, menulis kode program, serta menguji program hingga siap digunakan. Ada berbagai macam sistem yang programmer buat, yakni berupa website, web app maupun perangkat lunak atau aplikasi mobile dan desktop.

Seorang programmer harus menguasai bahasa pemrograman seperti PHP, JavaScript, Phyton dan sebagainya. Kamu bisa mengikuti sekolah coding untuk meningkatkan keterampilan bahasa pemrograman agar semakin mumpuni.

Menjadi programmer, tentunya akan dibebankan beberapa tugas yang harus kamu kerjakan. Umumnya, tugas seorang programmer antara lain menganalisis kebutuhan program, membuat rancangan program, menuliskan kode program, melakukan debugging, menguji program, maintenance dan update program.

Skill yang Wajib Dimiliki Programmer

Untuk membuat sistem program yang bagus, seorang programmer haruslah memiliki kemampuan atau skill yang bagus pula. Kamu harus memiliki hard skill dan soft skill sebagai berikut:

Hard Skill

  • Programming Language – bahasa pemrograman berfungsi untuk memberitahu komputer tentang apa yang kamu inginkan. Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, seorang programmer harus bisa memahami bahasa pemrograman seperti Java, SQL, PHP, Phyton dan C++.
  • Algoritma dan Struktur Data – algoritma berkaitan erat dengan langkah-langkah yang sudah diatur untuk problem solving. Sedangkan struktur data lebih mengacu pada bagaimana data diatur dalam memori komputer.
  • Database – skill atau kemampuan ini berkaitan untuk mengumpulkan serta mengorganisasi data agar nantinya mudah dicari dan dikelola.
  • Debugging Code – programmer harus memiliki skill ini agar bisa menemukan dan memahami apa penyebab kerusakan dalam software, lalu mencari solusi yang paling tepat.
  • Cloud Computing – berkaitan dengan penggunaan cloud storage yang berguna untuk menyimpan data.

Soft Skill

  • Problem Solving – selama sesi debugging, skill ini akan sangat diandalkan. Problem solving juga akan membantumu dalam menyelesaikan permasalahan yang klien hadapi sekaligus mencari solusi yang bisa diterapkan.
  • Bisa Time Management – menjadi seorang programmer harus siap menghadapi deadline pekerjaan yang ketat, sehingga memerlukan kemampuan time management yang baik.
  • Pola Pikir Analitis – skill satu ini mengacu pada kemampuan untuk menilai secara kritis dan tidak langsung menerima informasi mentah-mentah.
  • Memperhatikan Detail dan Kualitas – selain membantu dalam menulis clean code, skill yang harus kamu miliki sebagai seorang programmer ini akan membantu debugging setiap kali ada coding yang error.
  • Komunikasi – programmer tidak bekerja sendirian. Skill komunikasi sangat penting dimiliki agar komunikasi antar anggota tim maupun klien bisa berjalan baik.

Demikianlah ulasan mengenai tugas dan beberapa skill yang harus dimiliki oleh seorang programmer. Untuk meningkatkan skill atau kemampuan mu, kamu bisa belajar di sekolah koding bootcamp Hacktiv8.

Hacktiv8 merupakan institusi yang menyelenggarakan coding bootcamp pertama di Indonesia untuk pemula yang ingin menjadi talenta digital terlatih, seperti programmer, data scientist, digital marketer dan pekerjaan di bidang IT (digital) lainnya. Materi yang diberikan selalu diperbarui setiap empat minggu sekali, bahkan lulusannya juga akan dibantu mencari pekerjaan yang sesuai dengan keahlian.

Untuk mengetahui informasi lebih jelas dan lengkap, silakan kunjungi laman hacktiv8.com. Hacktiv8 siap membantu kamu untuk bersaing dan berkarir di dunia industri teknologi tanpa harus punya background IT. Semoga bermanfaat, ya!