Inilah Ciri-ciri Ruam Popok dan Cara Alami Mengatasinya Ala SehatQ.com

ciri-ciri ruam popok dan cara mengatasinya secara alami
source: asset.kompas.com

Ruam popok merupakan hal yang biasa terjadi pada bayi, terutama pada bulan-bulan pertama si kecil menghirup udara bebas. Penyebab paling sering adalah karena kondisi popok lembab atau terlalu ketat, sehingga tidak ada ruang udara untuk kulit si kecil bernapas. Namun, itu bukan berarti kamu bisa menganggap ruam popok adalah masalah yang sepele.

Ada beberapa kasus yang menjurus pada penyakit lebih serius dari ruam popok. Mulai dari kulit mengelupas, infeksi hingga mengeluarkan nanah. Bahkan, bayi bisa mengalami demam yang tinggi. Penanganan pertama yang bisa dilakukan menurut SehatQ.com adalah dengan mengoleskan Cream Cegah Ruam Popok Bayi.

Namun, ada pula beberapa cara alami untuk mengatasi ruam popok pada si kecil. Sebelum itu, yuk ketahui terlebih dahulu ciri-ciri ruam popok berikut ini!

Ciri-ciri Ruam Popok

Bintik Kemerahan 

Munculnya bintik-bintik kemerahan di area sekitar popok menandakan bayi mengalami ruam popok. Jika sudah dalam kondisi berat, bintik-bintik merah tersebut akan terlihat sangat banyak dan memenuhi area selangkangan dan juga pantat.

Kondisi ini membuat bayi menjadi rewel, karena rasa perih yang sangat dirasakan oleh si kecil.

Kulit Bayi agak Kasar 

Untuk mengecek hal ini, kamu bisa melakukannya dengan meraba kulit di sekitar popok. Karena adanya bintik merah, biasanya membuat kulit pantat si kecil terasa sedikit kasar.

Pada bagian itu juga dirasa agak hangat dibandingkan suhu tubuh di bagian lainnya. Bintik merah yang terlihat pun bisa menjalar hingga ke bagian lipatan-lipatan tubuh si kecil.

Cara Alami Mengatasi Ruam Popok Bersama SehatQ.com

Sebagai pertolongan pertama, SehatQ.com merekomendasikan beberapa bahan alami berikut untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Antara lain:

Minyak Kelapa

Minyak kelapa yang sering digunakan untuk memasak ternyata juga bisa digunakan untuk mengurangi dan menyembuhkan ruam popok pada bayi. Pasalnya, kandungan lemak jenuh dalam mintak kelapa bisa membantu menjaga kulit si kecil agar tetap lembut dan juga lembab.

Selain itu, minyak kelapa mempunyai sifat anti bakteri dan anti jamur, sehingga mampu membunuh bakteri maupun jamur yang terdapat pada ruam si kecil. Kamu bisa menggunakannya langsung dengan mengoleskan minyak kelapa di bagian yang mengalami ruam.

Tetapi sebelum itu, bersihkan terlebih dahulu area yang terkena ruam. Bilas dengan air hangat, kemudian keringkan dengan cara menepuknya secara perlahan dengan handuk lembut atau kapas. Sambil mengoleskannya, kamu pijat juga bagian yang terkena ruam.

Lidah Buaya

Kamu tentunya tidak asing dengan tumbuhan dengan nama latin aloe vera ini. Ternyata, lidah buaya juga menjadi salah satu cara alami untuk mengatasi ruam popok pada bayi. Tumbuhan tersebut memiliki kandungan anti inflamasi yang bisa menghilangkan radang akibat ruam popok.

Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung anti mikroba yang membantu meredakan ruam pada bayi. Cara menggunakannya ialah, ambil bagian dalam lidah budaya, kemudian oleskan ke bagian yang terkena ruam popok. Rasa dingin dari daging tanaman tersebut akan meredakan atau menghilangkan rasa gatal dan perih akibat ruam, yang membuat si kecil menjadi nyaman.

Itulah ciri-ciri ruam popok dan rekomendasi cara dari SehatQ.com untuk mengatasinya secara alami. SehatQ.com merupakan Media Kesehatan yang menyajikan berbagai macam artikel kesehatan yang informatif dan terpercaya.

Platform satu ini sangat bermanfaat bagi kamu yang ingin mengetahui informasi tentang kesehatan tanpa takut hoax, karena pastinya sumber yang digunakan jelas dan berdasarkan wawancara dengan dokter yang ahli di bidangnya. Ingin cari tahu informasi seputar kesehatan tanpa hoax? Yuk kunjungi SehatQ.com sekarang juga!